Ade Sari Dewi

Guru Bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Kedungjati Jawa Tengah.Baru 2 tahun di sekolah ini. ...

Selengkapnya
Tips Menjaga Mood Kerja Tetap Oke

Tips Menjaga Mood Kerja Tetap Oke

Mood atau yang lebih dikenal dengan suasana hati pastinya mempunyai kadar yang sering naik turun tergantung dengan keadaan yang dihadapi. Mood kerja seseorang tak sama dengan orang lain. Ada yang mempunyai mood stabil, naik turun, bahkan yang mempunyai mood buruk sekalipun. Jika bicara tentang mood tak terlepas dengan diri sendiri yang memandang sesuatu hal dari sudut pandang yang berbeda .

Saya pun begitu yang kadang mempunyai mood yang fluktuasi tergantung dari apa yang saya hadapi hari itu. Biasanya mood saya akan cepat drastis turun jika badan tak sehat karena kurang tidur ataupun banyak kerjaan. Hal ini akan berbeda dengan anda, sahabat Gurusiana, yang juga moodnya tergantung dari hal yang berbeda.

Biasanya cara saya untuk menaikkan lagi mood yaitu dengan beristirahat yang cukup, mengurangi beban pikiran yang banyak dan makan yang seimbang gizi. Lalu bagaimana dengan mood yang turun drastis gara-gara adanya isu yang ingin menjatuhkan kita dalam bekerja? Cara yang paling mudah adalah:

1. Dengarkan dulu apa yang menjadi isu tersebut,

2. Kemudian simpulkan pokok pembicaraan, jika tak benar biarkan saja tak usah diambil pusing (toh nanti berhenti sendiri sang penebar gosip,) jika benar klarifikasi dengan cara yang baik bukan marah-marah.

3. Yang terakhir teruslah bekerja tanpa harus menjatuhkan siapapun.

Di atas hanyalah segelintir cara untuk menaikkan mood kita yang suka naik turun. Semua itu juga tergantung dari niat kita saat kerja. Jika kerja hanya karena dunia maka mood akan cepat turun jika dunia tak memperhatikan kita atau menjelekkan kita, tetapi jika kerja ikhlas ibadah karena Allah pastinya mood akan stabil walaupun Allah tak nampak di depan mata kita, tetapi di hati kita. . Jangan tanyakan apa yang negara berikan kepada kita, tetapi tanyakan apa yang aku berikan kepada negara.

Semoga tulisan yang singkat ini dapat menaikkan suasana hati kita dan menjadikan kita insan-insan yang rajin bekerja, tanpa pamrih, ikhlas, dan penuh tanggung jawab. Yakinlah bahwa rejeki itu sudah ada kaplingannya sendiri. Rejeki itu tidak akan pernah tertukar .Disaat Allah katakan Kun Fayakun, Jadi maka jadilah, maka disitulah kita akan merasakan tangan-tangan tak terlihat yang menghadirkan rejeki dari arah yang tak disangka-sangka.

#09.27, Jumat malam, 9 Nopember 2018 di Gubug tercinta# Tangan-Tangan Tak Terlihat#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Terima kasih, tips yang keren

09 Nov
Balas

Terimakasih paparan ringan namun solutif, sukses selalu dan barakallah

09 Nov
Balas

sama-sama Bu, sekedar sharing saja berdasarkan penglaman pribadi.Barakallah bu.

09 Nov

Moods saya naik turun Bu Ade..terkadang pasang ..terkadang surut..terkadang seperti tsunami ..terkadang seperti pantai yang tenang...bingung kan..hi..hi..tapi terima kasih tipsnya..Barakallah...

10 Nov
Balas

ha ha ha ..gelombang laut ya.Barakallah juga bu.

10 Nov

Bermanfaat sekali, Bu Ade. Mood ini kok ya sukanya pasang surut. Terimakasih,sehat dan berkah utk ibu.

10 Nov
Balas

Tambahan bukne Ade.. otak kita bisa di setting juga dgn self teraphy. Tetap positif thinking, jgn membebankn pikiran dgn hal2 yg membuat hati dan pikiran jd tdk tenang. Yg tdk perlu dijadikan pikiran jgn di masukkn dlm pikiran kita, hya bikin memory otak jd full. Intinya selalu berprasangka baik terhadap semua yg sdh di atur oleh Allah SWT

10 Nov
Balas

Yup benar sekali mak ayu.. Posthink sangat perlu.. Tetap sehat selalu ya mak

10 Nov

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali