Ade Sari Dewi

Guru Bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Kedungjati Jawa Tengah.Baru 2 tahun di sekolah ini. ...

Selengkapnya

Sadar Aturan Dari Kecil Bekal Kedisiplinan Hidup

Selamat malam Sahabat Gurusiana,

Sore tadi saat kupulang dari sekolah, aku melewati hutan jati yang sedang bersemi karena telah terguyur hujan beberapa hari yang lalu. Dengan menggunakan motor bututku aku pun melintasi gunung yang dikelilingi hutan jati. Rasa lelah pun lenyap karena melewati hutan yang telah hijau merekah. Berliku-liku, menanjak dan menurun melewati hutan jati ini tak terasa karena pemandangan yang memanjakan mata.

Namun saat aku telah asyik dengan pemandangan ini, tiba-tiba pemandanganku jadi terganggu akibat melihat tiga orang remaja yang melambungku menggunakan motor. Bukannya karena remaja ini menggunakan knalpot racing ataupun teriak-teriak, tetapi remaja-remaja ini melakukan aksi bonti (baca: bonceng tiga) sambil balap. Rasanya miris melihat anak usia remaja ini bonceng tiga yang semestinya tidak boleh dilakukan. Jikalau di kota besar kemungkinan besar akan ditilang. Tapi mungkinkah karena di daerah desa dan hutan sehingga bonceng tiga dilakukan? Kalau bonceng tiga yang biasa dilakukan orang dewasa biasanya saat menggendong bayi atau orang ketiganya adalah anak kecil. Tapi ini tidak. Ketiga remaja ini berbadan bongsor dan motor yang digunakan adalah motor matic. Ditambah lagi tidak menggunakan helm. Duuh, bahaya banget. Aku yang berada di bagian belakang mereka terus mengawasi pergerakan mereka. Tapi baru beberapa detik mereka telah hilang dari pandanganku.

Sahabat Gurusiana,

Jikalau ini yang terjadi pada anak kita apa yang harus kita lakukan? Bukannya saya melarang tetapi alangkah baiknya kita memberikan rambu-rambu bagi anak kita sedari dini. Mematuhi aturan itu bukan karena dilihat ataupun dipuji. Mematuhi aturan itu bukan karena ada pemeriksaan. Tetapi karena memang kesadaran terhadap aturan. Hal kecil yang kita ajarkan pada anak akan terbawa sampai besar. Jikalau itu ditanamkan sejak dini, insya Allah mudah nantinya.

#Refleksi diri buat diri sendiri# Refleksi Malam Jum’at#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Saya mengomentari penulisan judul saja, Bu. Kata "dari" jangan diawali dg huruf kapital, kecuali jika di awal judul.

02 Nov
Balas

Bagaikan membonsai tanaman dilakukan ketika batangnya masih muda dan lentur. Demikian juga menanmkan karakter yang baik pada ada memang harus dimulai sejak dini. Mantafff, bunda. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

01 Nov
Balas

makasih bunda Rai.

01 Nov

Sudah seharusnya anak anak diajarkan disiplin berlalu lintas sejak dini. Sukses selalu dan barakallah

01 Nov
Balas

Injih Bu Siti Barakallah

01 Nov

Memang benar Bu, melatih kedisiplinan harus dimulai sejak dini, karena kedisiplinan susah diterapkan jika hanya karena paksaan ketika mereka sudah dewasa. Dengan rasa disiplin sejak dini maka akan membentuk kebiasaan dan kesadaran pada diri sendiri

02 Nov
Balas

Subhanallah..Luar Biasa Mam...is my Sist

01 Nov
Balas

Good Bunda Amm

02 Nov

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali