Ade Sari Dewi

Guru Bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Kedungjati Jawa Tengah.Baru 2 tahun di sekolah ini. ...

Selengkapnya
Kajian Lagu Viral: Karna  Su Sayang

Kajian Lagu Viral: Karna Su Sayang

Bagi yang suka musik pasti tak asing dengan lagu yang baru saja naik daun ini. Ya, benar lagu Karna Su Sayang yang dinyanyikan oleh Dian Sorowea dari Maumere. Gadis SMA ini tak menyangka jika lagunya yang bikin Baper ini bisa merebut hati youtubers seperti Aviwkilla dan juga para artis-artis terkenal seperti Via Vallen. Lagu yang telah diunggah di “Youtube” itu telah menembus jutaan pemirsa. Awalnya gadis ini tidak bisa seviral itu sampai beberapa kali di-cover oleh orang lain bahkan sampai dari luar negeri. Yang seperti inilah yang patut diacungi jempol karena kerja keras yang luar biasa hingga menghasilkan produk yang membahana.

Baiklah kawan-kawan, dalam ulasanku kali ini bukan Dian sang penyanyi, Via Vallen, ataupun Aviwkilla yang telah meng-cover ulang lagu ini yang akan dibahas. Tapi saya akan mengulas masalah pemakaian kata dalam lagu ini. Sepintas kata-katanya mirip dengan dialek yang digunakan di Papua. Memang ada sedikit persamaan antara Maumere dan Papua dalam menggunakan dialeknya. Saya sebagai salah satu pendatang yang pernah tinggal lama di Papua (bahkan dari lahir) dan sekarang berpindah ke Jawa, tidak merasa kesulitan dalam mengartikan kata-kata di lagu ini. Untuk lebih memahami lagu ini hanya perlu tahu beberapa kata yang disingkat.

Bahasa di Papua itu sangat banyak sehingga untuk mempersatukan orang yang ada di darat , gunung, dan pantai wajib menggunakan Bahasa Indonesia. Tapi Bahasa yang digunakan divariasi dengan dialek-dialek setempat. Kebanyakan kata-kata yang digunakan disingkat. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

Sa = saya, ko=kamu, mo=mau, su=sudah, pi=pergi, jang=jangan, Tra=tidak, trakan= tidak akan, trapapa= tidak apa-apa,

dorang/dong= mereka, torang/tong= kita,

Ya tak ada salahnya belajar juga budaya dari timur kan? Baiklah supaya tidak penasaran dengan lagunya berikut potongan lirik lagu Karna Su Sayang. Jika penasaran lagi silakan buka youtube ya.

Biasa sa cinta satu sa pinta

Jang terlalu mengekang rasa

Karna kalau sa su cinta

Sa trakan berpindah karna su sayang

Jangan kau berulah sa trakan mendua

Cukup jaga hati biar tambah cinta

Karena kalau sa su bilang

sa trakan berpindah karena su sayang

#Selamat Mencoba#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Terimakasih ilmunya Bu.. Salam

30 Oct
Balas

Sama-sama bu.

30 Oct

mantap bu.saya jadi terinspirasi

30 Oct
Balas

terima kasih Pak

30 Oct

Nambah pengetahuan tentang bahasa ini Bu, terimakasih, salam kenal ya bu

30 Oct
Balas

sama-sama..salam kenal kembali ya

30 Oct

Sa Papua... Love papua....

07 Nov
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali